RPS Profesi Kependidikan

Mata Kuliah    : Profesi Kependidikan
Semester:     ;   Kode:  EDU 301;    sks: 2 (dua)

Program Studi : S1 FKIP Unsyiah
Koordinator Tim: Dr. Drs. Nasir Usman, M.Pd.

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO): Menguasai konsep, syarat-syarat profesi,  kompentensi, kode etik, organisasi profesi, pengembangan profesi, dan sikap profesi guru.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CLO): Dapat mengkaji dan menganalisis: 1) konsep dasar profesi kependidikan, syarat-syarat profesi kependidikan, Tugas dan tanggung jawab guru, kode etik profesi guru, dan organisasi profesi guru; 2) memiki pemahaman dan pengamalan tentang empat kompetensi guru; 3) memiliki sikap profesional secara inovatif, 4) memiliki pemahaman tentang profesional guru berwatak paripurna dan berbasis keunggulan serta berkarakter, 5) memiliki pemahaman pengembangan karier guru secara berkelanjutan; 6) memiliki pemahaman tentang kinerja guru tentang  konsep kinerja, standarisasi kinerja guru, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja,  peningkatan kinerja guru, dan penilaian kinerja guru.

Kriteria Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang; Item Penilaian; Kehadiran 10%, Tugas : 20% ; Quis : 20%; UTS: 20%; UAS: 30%

Minggu Ke-
Kemampuan Akhir Yang
Diharapkan
Bahan Kajian
 (Materi Pelajaran)
Strategi Pembelajaran
Waktu  Belajar
(menit)
Kreteria Penilaian
 (Indikator)
Bobot Nilai

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

1
Kontrak Kuliah
 Kontrak perkuliahan,
Introduksi sistem perkuliahan, Silabus, Penugasan terstruktur, dan system penilaian.
Model: Pembelajaran langsung; metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur

100
Keaktfan di kelas dan kedisiplinan.


2 – 3
Memiliki pemahaman tentang konsep-konsep Dasar Profesi Kependidikan.
a.       Pengertian Profesi
b.      Karakteristik dan Syarat Profesi
c.       Kode etik profesi keguruan
d.      Organisasi profesi keguruan

: (1) tatap muka, (2) tugas berstruktur, (3) belajar mandiri, (4) pengukuran dan evaluasi.
Istilah-istilah yang berkaitan dengan Profesi Kependidikan  (a) Pengertian profesi, profesionallisasi, profesionalisme, profesionalisasi (b) Karakteristik dan Syarat-Syarat Profesi Kependidikan,
Model: Pembelajaran langsung; metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur

200

Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, ketrampilan, sikap dan tugas.

4
Memiliki pemahaman tentang konsep-konsep Dasar Profesi Kependidikan.
a.       Kode etik profesi keguruan
b.      Organisasi profesi keguruan

(a) Kode etik profesi keguruan, (b Organisasi Profesi keguruan (misi, fungsi organisasi, program operasionalisasi, (c) perkembangan profesi guru





5 –6
Memiki pemahaman dan pengamalan tentang  kompetensi guru
Kompetensi profesional guru : (a) Kompetensi professional guru, b) kompetensi pedagogik, (c) kompetensi sosial, (d) kompetensi kepribadian
Model : Koperatif, Pendekatan: pemecahan masalah, metode: diskusi, presentasi, penugasan telaah kasus
200
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.

7
Memliki pemahaman tentang sertifikasi guru
Pengertian sertifikasi guru,tujuan dan manfaat sertifikasi guru, sertifikasi guru menjamin peningkatan mutu.
Model : Koperatif, Pendekatan: pemecahan masalah, metode: diskusi, presentasi, penugasan telaah kasus
100
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.

8
Memiliki pemahaman dan wawasan tentang keterampilan-keterampilan dasar guru dalam pembelajaran.
Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
Pendekatan: pemecahan masalah, metode: diskusi, presentasi, penugasan telaah kasus
100
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.

9
Ujian Tengah Semester
Materi kuliah yang sudah dipelajari

100
Tes tulisan
Hasil belajar tes tulis

10
Memiliki sikap professional  guru dalam pengembangan karier guru secara inovatif.;
Konsep sikap guru, sasaran sikap guru terhadap UU/Peraturuan pendidikan, terhadap peserta didik, terhadap tempat kerja, terhadap pekerjaan, terhadap teman sejawat, terhadap organisasi profesi, dan terhadap pimpinan.
Model: Pembelajaran langsung;, pendekatan : Induktif dan deduktifmetode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur

200
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis,  keterampilan, sikap dan tugas.

11
Memiliki pemahaman tentang pengembagan profesional guru secara berkelanjutan
Pengembangan profesi guru : (a) pengembangan profesi guru dalam perspektif administrasi pendidikan, (b) tujuan pengembang profesi guru dalam organisasi pendidikan, (c) Fungsi pengembangan profesi guru dalam organisasi pendidikan. Pengembangan profesi guru (a) Perencanaan tenaga guru, (b) rekruitmen, seleksi, dan penempatan tenaga guru, (c) pengembangan profesi dan kesejahteraan guru, (d) penghargaan terhadap guru.
Model : PBL
Metode : presentasi, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah.

200
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.

12 – 13
Memliki pemahaman tentang professional guru berwatak paripurna dan berbasis keunggulan serta berkarakter
Membangun guru professional berwatak paripurna, berbasis keunggulan dan berkarakater: (a) Guru garda terdepan dalam pendidikan, (b) Guru professional (sejahtera dan terlindungi)
Metode : presentasi, diskusi kelompok, pemecahan masalah, dan tugas terstruktur.

200
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.

14 – 15
Memiliki pemahaman tentang  kinerja guru
Kinerja guru: (a) konsep kinerja, (b) standarisasi kinerja guru, (c) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja, (d) peningkatan kinerja pendidik, (e) penilaian kinerja guru.

Metode : presentasi, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah.

200
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
Hasil belajar
Tes lisan:  keterampilan, sikap dan tugas.

16
Ujian Akhir Semseter




Comments