Mata Kuliah : Profesi Kependidikan
|
Semester: ;
Kode: EDU 301; sks: 2 (dua)
|
||||||||||
Program Studi
: S1 FKIP
Unsyiah
|
Koordinator Tim: Dr. Drs. Nasir Usman, M.Pd.
|
||||||||||
Capaian Pembelajaran Program
Studi (PLO): Menguasai konsep, syarat-syarat profesi, kompentensi,
kode etik, organisasi profesi, pengembangan profesi, dan sikap profesi guru.
|
|||||||||||
Capaian
Pembelajaran Mata
Kuliah (CLO): Dapat
mengkaji dan menganalisis: 1) konsep dasar profesi kependidikan,
syarat-syarat profesi kependidikan, Tugas dan tanggung jawab guru, kode etik
profesi guru, dan organisasi profesi guru; 2) memiki pemahaman dan pengamalan
tentang empat kompetensi guru; 3) memiliki sikap profesional secara inovatif,
4) memiliki pemahaman tentang profesional guru berwatak paripurna dan berbasis
keunggulan serta berkarakter, 5) memiliki pemahaman pengembangan karier guru
secara berkelanjutan; 6) memiliki pemahaman tentang kinerja guru tentang konsep kinerja, standarisasi kinerja guru,
faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja,
peningkatan kinerja guru, dan penilaian kinerja guru.
|
|||||||||||
Kriteria
Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi
Sedang; Item Penilaian; Kehadiran 10%, Tugas : 20% ; Quis :
20%; UTS: 20%;
UAS: 30%
|
|||||||||||
Minggu Ke-
|
Kemampuan
Akhir Yang
Diharapkan
|
Bahan
Kajian
(Materi Pelajaran)
|
Strategi
Pembelajaran
|
Waktu Belajar
(menit)
|
Kreteria
Penilaian
(Indikator)
|
Bobot
Nilai
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|||||
1
|
Kontrak Kuliah
|
Kontrak perkuliahan,
Introduksi sistem perkuliahan, Silabus, Penugasan terstruktur, dan system
penilaian.
|
Model:
Pembelajaran langsung; metode:
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur
|
100
|
Keaktfan di
kelas dan kedisiplinan.
|
|
|||||
2 – 3
|
Memiliki pemahaman tentang
konsep-konsep Dasar Profesi
Kependidikan.
a. Pengertian
Profesi
b. Karakteristik
dan Syarat Profesi
c. Kode
etik profesi keguruan
d. Organisasi
profesi keguruan
|
: (1) tatap muka, (2) tugas
berstruktur, (3) belajar mandiri, (4) pengukuran dan evaluasi.
Istilah-istilah yang berkaitan dengan Profesi
Kependidikan (a) Pengertian profesi,
profesionallisasi, profesionalisme, profesionalisasi (b) Karakteristik dan
Syarat-Syarat Profesi Kependidikan,
|
Model:
Pembelajaran langsung; metode:
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur
|
200
|
|
Hasil belajar
Tes
lisan, tertulis,
ketrampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
4
|
Memiliki pemahaman tentang
konsep-konsep Dasar Profesi
Kependidikan.
a. Kode
etik profesi keguruan
b. Organisasi
profesi keguruan
|
(a)
Kode etik profesi keguruan, (b
Organisasi Profesi keguruan (misi, fungsi organisasi, program operasionalisasi,
(c) perkembangan profesi guru
|
|
|
|
|
|||||
5 –6
|
Memiki
pemahaman dan pengamalan tentang
kompetensi guru
|
Kompetensi profesional guru :
(a) Kompetensi professional guru, b)
kompetensi pedagogik,
(c) kompetensi sosial, (d) kompetensi kepribadian
|
Model
: Koperatif, Pendekatan: pemecahan
masalah, metode: diskusi,
presentasi, penugasan telaah kasus
|
200
|
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
7
|
Memliki
pemahaman tentang sertifikasi guru
|
Pengertian sertifikasi guru,tujuan dan manfaat sertifikasi guru,
sertifikasi guru menjamin peningkatan mutu.
|
Model
: Koperatif, Pendekatan: pemecahan
masalah, metode: diskusi,
presentasi, penugasan telaah kasus
|
100
|
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
8
|
Memiliki
pemahaman dan wawasan tentang keterampilan-keterampilan dasar guru dalam pembelajaran.
|
Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan bertanya,
keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan
menjelaskan, keterampilan mengelola diskusi kelompok kecil, keterampilan
mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
|
Pendekatan:
pemecahan masalah, metode:
diskusi, presentasi, penugasan telaah kasus
|
100
|
Tes lisan, Tanya jawab, tugas terstruktur
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
9
|
Ujian
Tengah Semester
|
Materi kuliah yang sudah dipelajari
|
|
100
|
Tes tulisan
|
Hasil belajar tes tulis
|
|||||
10
|
Memiliki sikap professional guru dalam pengembangan karier guru secara
inovatif.;
|
Konsep sikap guru, sasaran sikap guru terhadap
UU/Peraturuan pendidikan, terhadap peserta didik, terhadap tempat kerja,
terhadap pekerjaan, terhadap teman sejawat, terhadap organisasi profesi, dan
terhadap pimpinan.
|
Model:
Pembelajaran langsung;, pendekatan
: Induktif dan deduktif; metode:
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas terstruktur
|
200
|
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
terstruktur
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
11
|
Memiliki pemahaman tentang pengembagan
profesional guru secara berkelanjutan
|
Pengembangan
profesi guru : (a) pengembangan profesi guru dalam perspektif administrasi
pendidikan, (b) tujuan pengembang profesi guru dalam organisasi pendidikan,
(c) Fungsi pengembangan profesi guru dalam organisasi pendidikan.
Pengembangan profesi guru (a) Perencanaan tenaga guru, (b) rekruitmen,
seleksi, dan penempatan tenaga guru, (c) pengembangan profesi dan
kesejahteraan guru, (d) penghargaan terhadap guru.
|
Model
: PBL
Metode
:
presentasi, diskusi
kelompok, dan pemecahan
masalah.
|
200
|
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
terstruktur
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
12 – 13
|
Memliki pemahaman tentang professional
guru berwatak paripurna dan berbasis keunggulan serta berkarakter
|
Membangun guru professional berwatak
paripurna, berbasis keunggulan dan berkarakater: (a) Guru garda terdepan
dalam pendidikan, (b) Guru professional (sejahtera dan terlindungi)
|
Metode
:
presentasi, diskusi
kelompok, pemecahan
masalah, dan tugas terstruktur.
|
200
|
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
|
Hasil belajar
Tes lisan, tertulis, keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
14 – 15
|
Memiliki
pemahaman tentang kinerja guru
|
Kinerja guru:
(a) konsep kinerja, (b) standarisasi kinerja guru, (c) Faktor-faktor yang
mempengaruhi kinerja, (d) peningkatan kinerja pendidik, (e) penilaian kinerja
guru.
|
Metode
:
presentasi, diskusi
kelompok, dan pemecahan
masalah.
|
200
|
Tes lisan, Tanya jawab, diskusi, dan tugas
|
Hasil belajar
Tes lisan: keterampilan, sikap dan tugas.
|
|||||
16
|
Ujian Akhir Semseter
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment