Mata Kuliah : PsikologiPendidikan
|
Semester: V
; Kode: ; sks: 2
|
Jurusan : Ilmu Pendidikan
|
Dosen: Team (Koordinator: Drs. Martunis, M.Si)
|
Capaian
Pembelajaran Program Studi (PLO) : Menguasi landasan/konsep teoritis
dan praktis bidang psikologi dalam kaitan dengan proses pembelajaran
|
Capaian
PembelajaranMata Kuliah (CLO): . Mampu memahami dan mengaplikasikan unsur-unsur psikologis pesertadidik
dalam proses pembelajaran
|
Kriteria
Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang; Item Penilaian; Tugas : 20% ; Quis
: 20%; UTS: 30%; UAS: 30%
|
Minggu Ke-
|
Kemampuan
Akhir Yang
Diharapkan
|
Bahan
Kajian
(Materi Pelajaran)
|
Strategi
Pembelajaran
|
Waktu Belajar
(menit)
|
Kriteria Penilaian
(Indikator)
|
Bobot
Nilai
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.dan 2
|
Mahasiswa memahami focus dan ruang lingkup psikologi pendidikan
|
Pengertian, tujuan, fungsi, unsur, dan ruang lingkup
psikologi dan psikologi pendidikan.
|
Ceramah dan Tanya jawab
|
200menit
|
|
|
3 dan 4
|
Memahami aliran-aliran Psikologi dalam kaitan dengan
pendidikan
|
Aliran-aliran psikologi :
-
Psichoanalisa
-
Behavior
-
Kognitif/Gestal
-
Humanistik
-
Howard Gardner
|
Ceramah dan Tanya jawab
|
200menit
|
|
|
5.
|
Mahasiswa memahami
tentang tumbuh kembang peserta didikdalam kaitannya dengan rekayasa pembelajaran
|
Pengertian, fase-fase dan tugas-tugas perkembangan pesera didik serta peran guru dalam
mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak
|
Diskusi dan tanyajawab
|
100 menit
|
Keaktifan dalam kelas (Kemampuan mempresentasikan
isi makalah, menjawabpertanyaan danmengajukanpertanyaan/tanggapan)
|
|
6.
|
Mahasiswa mampu memahami keragaman perserta didik
dan upaya yang tepat untuk mengatasi
perbedaan individu/
pesertadidik
|
Pengertian, faktor penyebab dan usaha mengatasi
potensi masalah perbedaan individu/ pesertadidik
|
Diskusi dan tanyajawab
|
100 menit
|
Idem
|
|
7.
|
Mahasiswa memahamihukum-hukumpsikologis yang
mendasariaktivitasmanusiadanimplikasinyadalam proses pendidikan
|
Konsepdasarperhatian, pengamatan,
persepsidanfantasidalam proses belajar
|
Diskusi dan tanyajawab
|
100 menit
|
Idem
|
|
8.
|
Mahasiswa
memahamimekanismekerjamemoriimplikasinyadalam proses belajar
|
Pengertianmemori, pemprosesaninformasi,
teori-teoritentangmemori, sertastrategimengatasikelupaan
|
Diskusi dan tanyajawab
|
100 menit
|
Idem
|
|
6.
|
Mahasiswamemahamiarti motif
danmotivasisertaimplikasinyadalam proses belajar
|
Pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi,
sertaimplikasimotivasidalam proses belajar
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
7.
|
Mahasiswamemahamipotensipsikologispesertadidiksertadapatmembatumenemukandanmengembangkannyamelalui
proses pembalajaran
|
Konsepdasar IQ, bakat, minat,
dankreativitaspesertadidiksertaperan guru untukmengembangkannya
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
8.
|
UTS
|
|
|
|
|
|
9.
|
Mahasiswamemahamitinjauanpsikologitentangbelajar
|
Pengertian, aktivitassertafaktor yang mempengaruhi
proses danhasilbelajar
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
10.
|
Mahasiswamenguasaiteori-teoribelajar
|
Konsepdasarteoribelajarbehavioristik, humanistikdankognitif
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
11.
|
Mahasiswamemahamitentang transfer hasilbelajar
|
Pengertian, peranandanteori proses terjadinya
transfer belajar
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
12.
|
Mahasiswamenguasaimekanismepengelolaankelasberbasispsikologipendidikan
|
Pengertian, penerapanasas,
dimensipengelolaankelassertakondisidansituasibelajar di kelas
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
13.
|
Mahasiswamemahamikecenderungangayabelajarpesertadidik
|
Pengertian, macam-macam, proses pembelajaran yang
sesuaidanperan guru
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
14.
|
Mahasiswamemahamimasalahkesulitanbelajarpesertadidik
|
Pengertian, faktorpenyebab,
macam-macamsertausahamengatasimasalahkesulitanbelajar
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
15.
|
Mahasiswamemahamiperankepribadian guru
dalammengembangkankepribadiandankarakterpesertadidik
|
Pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi,
kepribadian serta peran guru dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian dan
karakter peserta didik
|
Diskusidantanyajawab
|
100 menit
|
|
|
16.
|
UAS
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment