RPS PsikologiPendidikan

Mata Kuliah    : PsikologiPendidikan
Semester: V ;   Kode: ;    sks: 2
Jurusan            : Ilmu Pendidikan
Dosen: Team (Koordinator: Drs. Martunis, M.Si)

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) : Menguasi landasan/konsep teoritis dan praktis bidang psikologi dalam kaitan dengan proses pembelajaran 
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CLO):  . Mampu memahami dan mengaplikasikan unsur-unsur psikologis pesertadidik dalam  proses pembelajaran 
Kriteria Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang; Item Penilaian; Tugas : 20% ; Quis : 20%; UTS: 30%; UAS: 30%
Minggu Ke-
Kemampuan Akhir Yang
Diharapkan
Bahan Kajian
 (Materi Pelajaran)
Strategi Pembelajaran
Waktu  Belajar
(menit)
Kriteria Penilaian
 (Indikator)
Bobot Nilai
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.dan 2
Mahasiswa memahami focus dan ruang lingkup  psikologi pendidikan
Pengertian, tujuan, fungsi, unsur, dan ruang lingkup psikologi dan psikologi pendidikan.
Ceramah dan Tanya jawab
200menit


3 dan 4
Memahami aliran-aliran Psikologi dalam kaitan dengan pendidikan
Aliran-aliran psikologi :
-       Psichoanalisa
-       Behavior
-       Kognitif/Gestal
-       Humanistik
-       Howard Gardner
Ceramah dan Tanya jawab
200menit



5.
Mahasiswa  memahami tentang tumbuh  kembang  peserta didikdalam  kaitannya dengan rekayasa  pembelajaran
Pengertian,  fase-fase dan tugas-tugas  perkembangan pesera didik serta peran guru dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak
Diskusi dan tanyajawab
100 menit
Keaktifan dalam kelas (Kemampuan mempresentasikan isi makalah,  menjawabpertanyaan danmengajukanpertanyaan/tanggapan)

6.
Mahasiswa mampu memahami keragaman perserta didik dan upaya yang tepat untuk mengatasi  perbedaan  individu/ pesertadidik
Pengertian, faktor penyebab dan usaha mengatasi potensi masalah  perbedaan individu/ pesertadidik
Diskusi dan tanyajawab
100 menit
Idem

7.
Mahasiswa memahamihukum-hukumpsikologis yang mendasariaktivitasmanusiadanimplikasinyadalam proses pendidikan
Konsepdasarperhatian, pengamatan, persepsidanfantasidalam proses belajar
Diskusi dan tanyajawab
100 menit
Idem

8.
Mahasiswa memahamimekanismekerjamemoriimplikasinyadalam proses belajar
Pengertianmemori, pemprosesaninformasi, teori-teoritentangmemori, sertastrategimengatasikelupaan
Diskusi dan tanyajawab
100 menit
Idem

6.
Mahasiswamemahamiarti motif danmotivasisertaimplikasinyadalam proses belajar
Pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, sertaimplikasimotivasidalam proses belajar
Diskusidantanyajawab
100 menit


7.
Mahasiswamemahamipotensipsikologispesertadidiksertadapatmembatumenemukandanmengembangkannyamelalui proses pembalajaran
Konsepdasar IQ, bakat, minat, dankreativitaspesertadidiksertaperan guru untukmengembangkannya
Diskusidantanyajawab
100 menit


8.
UTS





9.
Mahasiswamemahamitinjauanpsikologitentangbelajar
Pengertian, aktivitassertafaktor yang mempengaruhi proses danhasilbelajar
Diskusidantanyajawab
100 menit


10.
Mahasiswamenguasaiteori-teoribelajar
Konsepdasarteoribelajarbehavioristik, humanistikdankognitif
Diskusidantanyajawab
100 menit


11.
Mahasiswamemahamitentang transfer hasilbelajar
Pengertian, peranandanteori proses terjadinya transfer belajar
Diskusidantanyajawab
100 menit


12.
Mahasiswamenguasaimekanismepengelolaankelasberbasispsikologipendidikan
Pengertian, penerapanasas, dimensipengelolaankelassertakondisidansituasibelajar di kelas
Diskusidantanyajawab
100 menit


13.
Mahasiswamemahamikecenderungangayabelajarpesertadidik
Pengertian, macam-macam, proses pembelajaran yang sesuaidanperan guru
Diskusidantanyajawab
100 menit


14.
Mahasiswamemahamimasalahkesulitanbelajarpesertadidik
Pengertian, faktorpenyebab, macam-macamsertausahamengatasimasalahkesulitanbelajar
Diskusidantanyajawab
100 menit


15.
Mahasiswamemahamiperankepribadian guru dalammengembangkankepribadiandankarakterpesertadidik
Pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi, kepribadian serta peran guru dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian dan karakter peserta didik
Diskusidantanyajawab
100 menit


16.
UAS





Comments