SILABUS LANDASAN PENDIDIKAN


Mata Kuliah    : LANDASAN PENDIDIKAN
Semester: ganjil/genap ;   Kode: ;  KDA 019                 sks: 2
Jurusan            : Ilmu Pendidikan
Dosen: 1) Drs. H. Bachtiar Nitura, M.M  (Ketua Tim)
Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) : Mahasiswa memahami  hakekat manusia, dimensi hakikat manusia dan pengembangannya, hakekat pendidikan, pendidikan sebagai suatu sistem, unsur-unsur pendidikan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan. Landasan-landasan pendidikan: landasan yuridis, filosofis, historis, sosio-kultural, psikologis dan IPTEK.  Asas-asas pendidikan, Permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan. Sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional serta masyarakat masa depan.
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CLO): Mata kuliah  ini memberikan wawasan kepada mahasiswa sebagai calon pendidik dalam memahami hakikat manusia dan pendidikan, landasan pendidikan: landasan yuridis, filosofis, historis, sosio-kultural, psikologis dan landasan IPTEK.  Permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan.
Kriteria Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang; Item Penilaian; Kehadiran: 10%. Tugas : 20% ; Quis : 10%; UTS: 30%; UAS: 30%
Minggu Ke-
Kemampuan Akhir Yang
Diharapkan
Bahan Kajian
 (Materi Pelajaran)
Strategi Pembelajaran
Waktu  Belajar
(menit)
Kreteria Penilaian
 (Indikator)
Bobot Nilai
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.
Memahami prosedur perkuliahan, tugas, dan system penilaian
Kontrak Belajar

100


2.
Memiliki wawasan sebagai calon pendidik tentang hakikat manusia dan pendidikan,

1.      HAKEKAT MANUSIA
1.     HHakekat Manusia menurut beberapa pandangan:
a.      Pandangan Islam
b.     Pandangan Ilmuan barat
1)     Psikoanalitik
2)     Humanistik
3)     Behaviristik 
Strategi pembelajaran dengan mengunakan metode sebagai berikut :
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi Kelompok
4.      Presentasi Makalah
5.      Pemberian tugas tersruktur

100
Penilaian dilakukan pada indikator sebagai berikut :
1.      Kehadiran
2.      Nilai Tugas
3.      Quis
4.      Ujian Tengah Semester
Ujian Akhir Semester
Kehadiran  = 10%
Nilai Tugas = 20%
Quis           = 10%
Ujian Tengah Semester    = 30%
Ujian Akhir Semester    = 30%

Jumlah       = 100%
3.
Memiliki wawasan tentang dimensi Kemanusiaan dan implikasinya dalam  pendidikan.
2.     DIMENSI KEMANUSIAAN

a.      Ddimensi Keindividualan
b.     Ddimensi Kesosialan
c.      Ddimensi kesusilaan
d.     Ddimensi keberagaman
Pengembangan dimensi-dimensi kemanusiaan indonesia seutuhnya
IDEM

100
IDEM
IDEM
4.
Memahami Hakekat Pendidikan dan pendidikan sebagai sistem
3.      HAKEKAT PENDIDIKAN
1.     Hakekat Pendidikan
a.      Menurut pandangan pakar indonesia
b.     Menurut pandangan pakar asing
2.     Pengertian pendidikan dan implikasi
a.      Menurut para ahli
b.     Menurut UU sisdiknas No.20/2003

c.Pendidikan sebagai system
IDEM

100
IDEM
IDEM
5.
Memahami Unsur-Unsur/ Komponen/ Faktor Pendidikan

3.      UNSUR-UNSUR/ KOMPONEN/FAKTOR PENDIDIKAN
1.      Tujuan
2.      Perserta didik
3.      Pendidik
4.      Imateri pendidikan
5.      Metode pendidikan
6.      Alat pendidikan
7.      Lingkungan  yang mempengaruhi suasana pendidikan.

IDEM

100
IDEM
IDEM
6.
Memahami Landasan – landadan Pendidikan
4.      LANDASAN-LANDASAN PENDIDIKAN
1.      Landasan Filosofis
2.      Landasan Yuridis/Hukum
IDEM

100
IDEM
IDEM
7.
Memahami Landasan Historis dan Sosio-kultural
1.     Landasan Historis
2.     Landasan Sosio-kultural
IDEM

100
IDEM
IDEM
8.
Memahami Landasan Psikologis
1.      Landasan Psikologis
IDEM

100
IDEM
IDEM
9.
U T S

U T S





10.
Landasan IPTEK dan inovasi pendidik

IDEM

100
IDEM
IDEM
11.
Memahami Azas – Azas Pendidikan
1.      Azas pokok pendidikan
a.       Azas tutwuri Handayani
b.      Azas Belajar sepanjang Hayat
c.       Kemandirian dalam Belajar
1.      Penerapan azas-azas pendidikan (di sekolah dan luar sekolah) dewasa ini
a.       Keadaan yang di temui
b.      Permasalahan yang di hadapi
c.       Pengembangan penerapan azas-azas pendidikan.

IDEM

100
IDEM
IDEM
12.
Memahami landasan Religius

5.     Landasan
Religius
IDEM

100
IDEM
IDEM
13.
Memahami Tripusat Pendidikan
6.    LINGKUNGAN PENDIDIKAN
1.    Pengertian lingkungan pendidikan
a.    Keluarga
b.    Sekolah dan
c.    Masyarakat
2.    Fungsi lingkungan pendidikan

Timbal balik antara ketiga lingkungan pendidikan terhadap perkembangan peserta didik.
IDEM

100
IDEM
IDEM
14.
Memahami Aliran Pendidikan dan Implikasinya,
7.      ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA, PERMASALAHAN & INOVASI PENDIDIKAN,
1.      Aliran Klasik
a.       liran Emprisme
b.      Aliran Nativisme
c.       Aliran Naturalisme
d.      Aliran Komvergensi
IDEM

100
IDEM
IDEM
15.
Memahami Permasalahan  dan Inovasi Pendidikan
2.      Gerakan baru dalam pendidijkan
a.       Pengajaran alam sekitar
b.      Pengajaran pusat perhatian
c.       Sekolah kerja
Pengajaran proyek
IDEM

100
IDEM
IDEM
16.
Pendidikan dalam perspektif Ekonomi dan Globalisasi

1.      Pengertian Ekonomi pendidikan.
2.      Hubungan Ekonomi dan pendidikan
3.      Pendidikan sebagai investasi masa depan
IDEM

100
IDEM
IDEM
17.
UAS

UAS







Comments