Semester: ganjil/genap
; Kode: ; KDA 019 sks: 2
|
|||||||
Jurusan : Ilmu Pendidikan
|
Dosen: 1) Drs. H. Bachtiar Nitura, M.M (Ketua Tim)
|
||||||
Capaian
Pembelajaran Program Studi (PLO) : Mahasiswa
memahami hakekat manusia,
dimensi hakikat manusia dan pengembangannya, hakekat
pendidikan,
pendidikan sebagai suatu sistem, unsur-unsur pendidikan,
lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan.
Landasan-landasan pendidikan: landasan yuridis, filosofis,
historis, sosio-kultural, psikologis dan IPTEK. Asas-asas
pendidikan, Permasalahan
pendidikan dan inovasi pendidikan. Sistem pendidikan nasional,
pendidikan dan pembangunan nasional serta masyarakat masa depan.
|
|||||||
Capaian
PembelajaranMata Kuliah (CLO): Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada
mahasiswa sebagai calon pendidik dalam memahami hakikat manusia dan
pendidikan, landasan pendidikan: landasan yuridis, filosofis,
historis, sosio-kultural, psikologis dan landasan IPTEK. Permasalahan
pendidikan dan inovasi pendidikan.
|
|||||||
Kriteria
Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi
Sedang; Item Penilaian; Kehadiran:
10%. Tugas : 20% ; Quis : 10%; UTS: 30%; UAS: 30%
|
|||||||
Minggu Ke-
|
Kemampuan
Akhir Yang
Diharapkan
|
Bahan
Kajian
(Materi Pelajaran)
|
Strategi
Pembelajaran
|
Waktu Belajar
(menit)
|
Kreteria
Penilaian
(Indikator)
|
Bobot
Nilai
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
1.
|
Memahami prosedur perkuliahan, tugas, dan system penilaian
|
Kontrak
Belajar
|
|
100
|
|
|
|
2.
|
Memiliki wawasan sebagai calon pendidik tentang hakikat manusia dan pendidikan,
|
1. HAKEKAT MANUSIA
1. HHakekat Manusia menurut beberapa pandangan:
a.
Pandangan Islam
b.
Pandangan Ilmuan barat
1)
Psikoanalitik
2)
Humanistik
3)
Behaviristik
|
Strategi
pembelajaran dengan mengunakan metode sebagai berikut :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi Kelompok
4. Presentasi Makalah
5. Pemberian tugas tersruktur
|
100
|
Penilaian dilakukan pada indikator sebagai berikut :
1. Kehadiran
2. Nilai Tugas
3. Quis
4. Ujian Tengah Semester
Ujian Akhir Semester
|
Kehadiran = 10%
Nilai Tugas = 20%
Quis = 10%
Ujian Tengah Semester = 30%
Ujian Akhir Semester = 30%
Jumlah = 100%
|
|
3.
|
Memiliki
wawasan tentang dimensi
Kemanusiaan dan implikasinya dalam pendidikan.
|
2.
DIMENSI KEMANUSIAAN
a. Ddimensi Keindividualan
b. Ddimensi Kesosialan
c. Ddimensi kesusilaan
d. Ddimensi keberagaman
Pengembangan
dimensi-dimensi kemanusiaan indonesia seutuhnya
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
4.
|
Memahami
Hakekat Pendidikan dan pendidikan sebagai sistem
|
3.
HAKEKAT PENDIDIKAN
1. Hakekat
Pendidikan
a. Menurut
pandangan pakar indonesia
b. Menurut
pandangan pakar asing
2. Pengertian
pendidikan dan implikasi
a. Menurut
para ahli
b. Menurut UU sisdiknas No.20/2003
c.Pendidikan sebagai system
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
5.
|
Memahami Unsur-Unsur/
Komponen/ Faktor
Pendidikan
|
3.
UNSUR-UNSUR/ KOMPONEN/FAKTOR PENDIDIKAN
1. Tujuan
2. Perserta
didik
3. Pendidik
4. Imateri pendidikan
5. Metode
pendidikan
6. Alat
pendidikan
7. Lingkungan yang mempengaruhi suasana pendidikan.
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
6.
|
Memahami
Landasan –
landadan Pendidikan
|
4. LANDASAN-LANDASAN PENDIDIKAN
1. Landasan Filosofis
2. Landasan Yuridis/Hukum
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
7.
|
Memahami Landasan Historis dan Sosio-kultural
|
1. Landasan Historis
2.
Landasan Sosio-kultural
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
8.
|
Memahami Landasan Psikologis
|
1. Landasan Psikologis
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
9.
|
U T S
|
U T S
|
|
|
|
|
|
10.
|
Landasan
IPTEK dan inovasi pendidik
|
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
11.
|
Memahami Azas – Azas Pendidikan
|
1. Azas
pokok pendidikan
a. Azas
tutwuri Handayani
b. Azas
Belajar sepanjang Hayat
c. Kemandirian
dalam Belajar
1. Penerapan
azas-azas pendidikan (di sekolah dan luar sekolah) dewasa ini
a. Keadaan
yang di temui
b. Permasalahan
yang di hadapi
c. Pengembangan
penerapan azas-azas pendidikan.
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
12.
|
Memahami
landasan Religius
|
5. Landasan
Religius
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
13.
|
Memahami
Tripusat Pendidikan
|
6.
LINGKUNGAN PENDIDIKAN
1. Pengertian lingkungan pendidikan
a. Keluarga
b. Sekolah dan
c. Masyarakat
2. Fungsi lingkungan pendidikan
Timbal balik antara ketiga
lingkungan pendidikan terhadap perkembangan peserta didik.
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
14.
|
Memahami Aliran Pendidikan dan
Implikasinya,
|
7.
ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN DAN
IMPLIKASINYA,
PERMASALAHAN & INOVASI PENDIDIKAN,
1.
Aliran Klasik
a.
liran Emprisme
b.
Aliran Nativisme
c.
Aliran Naturalisme
d.
Aliran Komvergensi
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
15.
|
Memahami
Permasalahan dan Inovasi Pendidikan
|
2.
Gerakan baru dalam pendidijkan
a.
Pengajaran alam sekitar
b.
Pengajaran pusat perhatian
c.
Sekolah kerja
Pengajaran
proyek
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
16.
|
Pendidikan
dalam perspektif Ekonomi dan Globalisasi
|
1. Pengertian Ekonomi
pendidikan.
2. Hubungan Ekonomi dan pendidikan
3. Pendidikan sebagai investasi masa depan
|
IDEM
|
100
|
IDEM
|
IDEM
|
|
17.
|
UAS
|
UAS
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment